Membuat CV dengan Canva: Praktis dan Menarik, Sudah Pernah Coba?

Membuat CV bisa dengan memanfaatkan banyak aplikasi. Setelah sebelumnya kamu belajar membuat CV dengan Microsoft Word, kali ini ada aplikasi lain nih. Tentu kamu sudah pernah mendengar aplikasi desain bernama Canva bukan?

Ternyata, Canva nggak hanya jago membantu kamu belajar desain loh. Kamu bisa membuat berbagai macam tampilan dokumen menjadi lebih menarik dengan Canva ini. Salah satunya ya kamu bisa membuat CV dengan lebih kreatif dan menarik.

Sebelum Membuat CV, Bikin Dulu Akun Kamu di Canva

Sebelum Membuat CV, Bikin Dulu Akun Kamu di Canva
Sumber: Canva

Pastikan kamu terlebih dahulu membuat akun di Canva. Pertama, pilih opsi kebutuhanmu untuk menggunakan Canva. Kamu akan diberi pilihan education, small business, large company, nonprofit, dan personal; bisa kamu pilih yang personal ya.

Kamu bisa mendaftar dengan memasukkan alamat email atau bisa juga via Google dan Facebook. Khusus untuk Google dan Facebook, pastikan memberikan izin untuk kedua akun tersebut mengakses Canva. Jika memilih menggunakan email, cukup masukkan detail yang diperlukan dan konfirmasi akun via email.

Pilih Menu “Resume” untuk Membuat CV

Pilih Menu "Resume" untuk Membuat CV
Sumber: dok. pribadi

Setelah membuat akun, kamu akan masuk halaman utama dari Canva. Silakan pilih menu “Resume” untuk memulai menyusun CV. Saat kamu masuk ke menu “Resume”, kamu bisa memilih template CV yang kamu suka dan sekiranya paling sesuai dengan profesimu.

Ingat, pastikan untuk menyesuaikan desain template CV sesuai pekerjaanmu ya. Jangan sampai kamu salah memilih CV yang terlalu kreatif untuk pekerjaan yang butuh kesan profesionalitas. Paling aman sih kamu mencoba pilih template dengan desain lebih minimalis.

Baca Juga: Membuat CV Kreatif Jadi Makin Praktis dengan 5 Situs Ini, Yuk Coba Dulu!

Kreasikan dan Isi CV Sesuai dengan Kebutuhan

Kreasikan dan Isi CV Sesuai dengan Kebutuhanmu
Sumber: dok. pribadi

Nah, sekarang waktunya kamu membuat CV. Ganti isian yang tertera pada template CV yang kamu pilih. Update dan isi CV tersebut sesuai dengan diri kamu, mulai dari informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, hingga kemampuan.

Jangan lupa untuk berkreasi dengan tampilan CV kamu. Banyak kok fitur di Canva yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari mengubah background, memasukkan elemen, hingga memilih font. Kreativitas menjadi kunci penting agar tampilan CV kamu makin menarik.

Usai Membuat CV Selesai, Jangan Lupa Simpan dalam Bentuk JPEG atau PDF

Usai Membuat CV Selesai, Jangan Lupa Simpan dalam Bentuk JPEG atau PDF
Sumber: dok. pribadi

Setelah CV kamu selesai dibuat, periksa sekali lagi apakah perlu ada koreksi atas kesalahan penulisan atau informasi. Ingat untuk tetap teliti dan detail dalam membuat CV ya. Setelah itu, pastikan kamu simpan CV tersebut ke dalam bentuk PDF atau pun JPEG.

Sekarang kamu bisa deh kirim CV tersebut ke beberapa perusahaan. Kebanyakan CV yang diterima perusahaan dalam bentuk PDF, tapi tidak ada salahnya kalau ingin disimpan bentuk JPEG. Jika sewaktu-waktu kamu butuh memperbaharui CV, kamu cukup membuka file yang sudah kamu buat ini.

Ternyata membuat CV di zaman sekarang makin praktis dan mudah ya. Jadi, kamu tidak perlu kebingungan lagi deh kalau harus menyiapkan CV kreatif. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here