8.000 Peserta Hadiri UI Career & Scholarship Expo

Career Development Center (CDC) Universitas Indonesia, kembali menyelenggarakan UI Career & Scholarship Expo yang ke-27 di Balairung Kampus UI Depok, Jawa Barat. Acara yang berlangsung pada 21 hingga 23 Februari 2019 ini, disambut antusias oleh para lulusan baru UI maupun masyarakat umum. Kegiatan yang sudah dijalankan selama 14 tahun berturut-turut ini, merupakan bentuk perhatian pihak kampus terhadap perjalanan karier dan studi mahasiswa.

Dalam penyelenggaraan UI Career & Scholarship Expo yang ke-27, sebanyak 72 perusahaan nasional dan multinasional terlibat. Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang hendak melanjutkan studi, 10 lembaga pendidikan dan penyedia beasiswa turut berpartisipasi memberikan beragam pilihan studi lanjutan.

Menurut Ketua Pelaksana UI Career & Scholarship Expo XXVII, Sandra Fikawati, banyak perusahaan baru terutama dalam ranah startup yang ikut berpartisipasi untuk mencari kandidat-kandidat freshgraduate.

“Pada Career Expo kali ini banyak startup yang turut berpartisipasi. Ada juga perusahaan-perusahaan startup yang dibiayai atau dibina oleh Direktorat Inkubator Bisnis UI yang mengikuti pameran. Kami pun membuka peluang bagi mereka yang tertarik untuk berwirausaha,” tuturnya.

UI Career Scholarship Expo
Credit : Kiky Waode/Job-Like Magazine

Dalam mendorong perkembangan karier para alumni, misi CDC UI yaitu memfasilitasi para lulusan untuk mengejar karier, berwirausaha, maupun melanjutkan studi. Sehingga, sebagai lembaga pendidikan UI tak hanya ingin mencetak para sarjana namun juga turut mengantar mereka dalam mengejar cita-cita.

Selama 3 hari berlangsung, tercatat ada sekitar 8.000 pelamar yang mengunjungi UI Career & Scholarship Expo XXVII. Menurut Sandra, setiap tahun rata-rata sebanyak 18 hingga 20 persen pengunjung UI Career Expo terserap oleh perusahaan peserta. UI Career & Scholarship Expo 2019 akan kembali hadir pada September mendatang.

Baca Juga : Kenali Perusahaan dalam Job Fair, Kunci Keberhasilan Job Seeker

Bursa Kerja sebagai Proses Pencarian

ui career scholarship expo
Suasana hari ketiga (23/02/2019) UI Career & Scholarship Expo

Para lulusan baru tentu akan sangat bersemangat ketika berkunjung ke bursa-bursa kerja. Daripada mengetuk pintu perusahaan satu per satu, pada bursa kerja para pelamar dapat langsung bertemu dan menyerahkan CV mereka ke perusahaan yang diinginkan.

Sama halnya dengan para lulusan baru yang mengikuti UI Career & Scholarship Expo XXVII. Mengantri panjang di beberapa booth perusahaan, bukanlah menjadi suatu masalah. Mereka justru terlihat tidak sabar untuk memberikan surat lamaran serta CV terbaik kepada staf personalia perusahaan.

Tetapi job seeker, kemampuan yang tertulis dalam selembar CV tentu bukan menjadi hal yang utama bagi perusahaan dalam merekrut tenaga kerja baru, terlebih para fresh graduate. Job-Like Magazine berhasil mengulik informasi dari Head of Recruitment anabatic technology, Ishy Arkharti M. Situmorang, mengenai apa sih yang rekruter cari dari para fresh graduate?

“Kalau dari soft skill kami melihat apakah para fresh graduate ini memiliki semangat kerja yang tinggi, punya inisiatif atau tidak, dan apakah memiliki kehendak untuk belajar hal yang baru dengan penuh semangat. Kenapa soft skill begitu penting? Karena perlu diakui bersama apa yang diajarkan di kampus itu kan belum tentu sama dengan industri jadi mereka harus belajar banyak.”

Ketika diterima bekerja pada salah satu perusahaan, biasanya job seeker akan merasa khawatir untuk beradaptasi denga lingkungan baru. Jangan khawatir job seeker, karena beberapa perusahaan akan memberikan masa pengenalan kepada karyawan baru sebelum mereka diposisikan pada bidang pekerjaan tertentu, seperti yang anabatics technology lakukan.

“Hari pertama biasanya ada orientasi karyawan baru. Pada saat itu, akan dikenalkan valuevalue apa yang menjadi dasar dari perusahaan dan peraturan-peraturan perusahaan. Memang pada dasarnya karyawan akan learning by doing tetapi selama 3 bulan mereka akan ditemani oleh mentor agar mereka cepat berdaptasi di kantor.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here