Sukses Jadi Unicorn Asia, Traveloka Mengincar Tiket Konser dan Amusement Park

Startup Travel Indonesia
Source: google

Traveloka berkembang menjadi salah satu startup travel Indonesia yang merambah Asia Tenggara. Traveloka mengandalkan pengembangan layanan dan inovasi sebagai bagian dari bisnis teknologi yang sudah dibangun.

Didirikan pada 2012, Traveloka menawarkan solusi bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan bisnis atau wisata. Pengunjung situs atau pemilik aplikasi Traveloka bisa melakukan pemesanan tiket pesawat, kereta atau tiket dari operator transportasi lainnya. Informasi semuanya diberikan secara online. Demikian pula dengan sistem transaksi yang digunakan.

Dua tahun setelah berdiri, Traveloka membuka layanan pemesanan kamar hotel, dan pada awal tahun lalu, Traveloka mulai menyediakan layanan pemesanan tiket event-event budaya dan pariwisata.

Traveloka: Inovasi Startup Travel Indonesia

Selain pengembangan layanan, berbagai jurus inovasi diterapkan Traveloka untuk menjaring trafik dan pengguna. Salah satunya adalah menyediakan fitur price alert. Fitur tersebut akan memberitahukan pengunjung jika tiket yang diminati harganya turun atau masuk di kategori tiket promo. Selain itu, Traveloka juga selalu menampilkan no hidden fees ticket. Dengan kata lain, harga yang tertera di situs atau aplikasi adalah harga yang harus dibayarkan tanpa ada biaya tambahan lainnya.

Startup Travel Indonesia
Foto: inquirer

Traveloka juga kerap menawarkan promo kuliner dan promo tiket masuk lokasi wisata atau tiket menonton event-event pariwisata dan budaya. Ke depannya, Traveloka berencana melakukan inovasi dan pengembangan lewat layanan tiket konser dan amusement park.

Saat ini, Traveloka mengincar 620 juta jiwa penduduk yang tinggal di Asia Tenggara sebagai target marketnya. Untuk itu, perusahaan startup yang berdiri di bawah bendera PT Trinusa Travelindo telah mendirikan kantor perwakilan di Singapura, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

Baca Juga: 10 Startup Favorit yang Menjadi Buruan Para Pencari Kerja di Indonesia

Khusus di Malaysia, Traveloka mengikat kerjasama dengan Express Rail Link Sdn Bhd sebagai salah satu penyedia moda transportasi lokal. Sebelumnya, Traveloka juga telah menggandeng 100 mitra rental mobil yang ada di 11 kota di Indonesia.

Dengan pengembangan layanan dan inovasi yang dilakukan selama ini Traveloka berhasil menjadi salah satu unicorn di Asia. Per Juli tahun lalu, Deal Street Asia mencatatkan nilai saham Traveloka telah mencapai 2 dollar Amerika. Pada sepanjang tahun lalu, serapan investasi Traveloka telah mencapai 550 juta dollar. Dana tersebut berasal dari beberapa perusahaan seperti East Ventures, Hillhouse Capital Group dan Sequoia Capital. Kabarnya, Traveloka mengincar pendanaan sebesar 400 juta dollar untuk memaksimalkan pengembangan layanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here