Ternyata Vakum Sejenak dari Dunia Media Sosial Itu Penting, Ini Alasannya!

vakum dari dunia media sosial

Pernah tidak kamu merasakan kesal yang amat sangat setelah melihat sebuah postingan di media sosial? Entah postingan temanmu yang bernada provokasi atau bahkan postingan lain yang terlihat pamer kegemilangan hidup? Jika membuka media sosial lebih membuat kamu kesal ketimbang senang, itu artinya kamu perlu rehat sejenak dari aktivitas medsos, gays!

Percaya deh, katika kamu menutup sejenak akun media sosialmu dan berhenti memainkannya sementara, kamu akan menuai beberapa manfaat positif ini.

Manfaat Vakum dari Dunia Media Sosial

1. Produktivitas akan meningkat tajam

Sumber: majalahkartini.co.id

Bermain media sosial kerap kali membuat letih, baik letih fisik maupun psikis. Letih fisik bisa ditandai dengan mata yang mulai merah dan pedas, serta letih psikis ditandai dengan munculnya rasa cemas, kesal, merasa tersaingi, hasrat ingin pamer, dan lain sebagainya setelah berkutat dengan medsos. Hal-hal inilah yang membuat produktivitas di dunia nyata menjadi menurun dan kamu pun malas melakukan hal-hal yang produktif. Namun dengan vakum dari dunia media sosial, kamu akan merasakan kembali ‘gairah’ melakukan hal produktif di dunia nyata tanpa terbebani oleh aktivitas di dunia maya.

Baca Juga: Inilah 5 Ragam Bentuk Kecanduan Smartphone pada Seseorang

2. Merasakan sosialisasi langsung tanpa beban

Sumber: kitamuda.id

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain media sosial membuat kamu kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi secara langsung. Dan ketika bersosialisasi secara langsung pun, kamu tetap kurang fokus karena pikiran masih sibuk dengan medsos. Disinilah pentingnya mencoba vakum dari dunia media sosial, karena setelah itu kamu bisa merasakan sosialisasi langsung yang menyenangkan.

3. Bisa menyalurkan hobi

Sumber: gentlemancode.com

Tanpa sadar, waktumu habis percuma hanya untuk mengecek gadget berkali-kali dalam 24 jam. Jika ditotal, ada berapa banyak waktu yang terbuang hanya untik melakukan itu? Cobalah mengisi waktu luang dengan menyalurkan hobi yang selama ini sulit kamu lakukan karena adanya kesibukan. Jika waktu yang ada kamu manfaatkan dengan baik, bukan dengan sibuk main medsos tentunya, niscaya hobimu akan tersalurkan dengan baik dan ini sangat berpengaruh terhadap mood serta produktivitas.

4. Terhindar dari mood yang berantakan

Sumber: hipwee.com

Percaya tidak percaya, mood buruk sepanjang hari bisa disebabkan oleh media sosial, lho. Ketika pagi hari yang seharusnya bersemangat diluluhlantakkan dengan postingan teman bernada negatif yang membuat kesal, tentu saja mood kamu pun kamu ikut buruk sepanjang hari. Dan ini sangat berpengaruh tehadap kinerja serta aktivitasmu sehari-hari. Tentu kamu tidak mau bukan deadline pekerjaan terhambat gara-gara mood yang tak baik? Coba deh jadwalkan untuk vakum dari media sosial sejenak selama beberapa waktu, dijamin kamu akan terhindar mood buruk!

Itulah pentingnya vakum sementara dari dunia media sosial dengan menon-aktifkan akun-akun media sosial dalam jangka waktu tertentu. Tak perlu berlama-lama, yang penting kamu punya waktu untuk rehat sejenak dari rutinitas bermain media sosial.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here