Venturra Discovery Kucurkan Investasi Early Stage untuk Startup Podcast

Founders Podcast Network Asia (PNA): Eileen Borromeo, Josef Acuña, Ron Baetiong. (FOTO: dok. Venturra Discovery).

Perusahaan rintisan asal Filipina, Podcast Network Asia (PNA), mendapatkan kucuran investasi tahap awal dari venture capital berbasis di Jakarta, Venturra Capital. Venturra bergabung dengan Presiden Summit Publications, Lisa Gokongwei, dan Foxmont Capital dalam penanaman modal awal sebesar US$750 ribu atau setara Rp10,5 miliar. 

Sejak diluncurkan pada Agustus 2019, PNA berkembang sebagai ekosistem bagi para kreator di industri podcast Filipina. PNA memberikan akses bagi para kreator untuk memproduksi konten audio yang berpeluang untuk dimonetisasi. Melalui investasi early stage ini, PNA berencana untuk mengembangkan pasar mereka ke Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Pesatnya perkembangan PNA tidak terganjal oleh situasi pandemi COVID-19. Sebaliknya, PNA mencatat sudah ada 415 podcasts yang menggunakan platform mereka. Bahkan empat acara podcast eksklusif Spotify yang digagas oleh para kreator Filipina, yaitu Boiling Waters, Eve’s Drop, Kool Pals, dan Walwal Sesh, turut tampil di PNA.

Tren positif dari industri podcast Filipina ini mendorong PNA untuk meningkatkan keuntungan yang bisa dinikmati para kreator melalui pendapatan iklan. Tercatat, sejak 2015 hingga 2020, pendapatan iklan podcast mengalami pertumbuhan signifikan dari US$69 juta menjadi US$659 juta. Sementara itu, menurut Interactive Advertising Bureau (IAB) dan PwC, pendapatan iklan diproyeksikan akan menembus US$1 miliar pada tahun 2021. 

Baca Juga: Berinvestasi pada Startup Saat Pandemi, Apa Sikap Venture Capital?

Pertumbuhan Podcast Diprediksi Semakin Berkembang

Penggunaan PNA oleh para kreator diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan. Terlebih, PNA juga menawarkan beberapa manfaat bagi pengguna untuk mengembangkan kanal podcast mereka melalui Podmetric.co. Yaitu analisa data PNA dan platform pasar iklan. Selain itu, PNA juga meluncurkan Podmetrics Marketplace yang mempermudah pengguna untuk:

  • Melihat total analisa podcast.
  • Mendaftar untuk Affiliate Marketing Campaigns.
  • Berkolaborasi dengan Brand untuk tayangan dengan sponsor.
  • Melihat Campaign Impressions, Conversions, dan Metrics lainnya.

Podcasting akan memasuki masa keemasannya. Kami sangat senang dengan apa yang akan bisa kamu lakukan berkat investasi ini. Filipina negara ke-6 dengan pertumbuhan tercepat dalam hal jumlah pendengar, ditambah dengan pendengar yang sudah kami miliki, yang mencapai 10 juta. Kami bisa meningkatkan dan melanjutkan momentum yang telah terbangun di industri podcast Filipina dan mengadaptasinya di negara lain,” tutur Ron Baetiong, CEO dan Co-Founder PNA.

Momentum perkembangan podcast di Asia Tenggara ini mendorong Venturra Discovery untuk bergabung dalam pendanaan tahap awal PNA. Hal ini dituturkan Raditya Pramana, Ventura Discovery Partner, yang berperan dalam proses investasi PNA.

Podcasting masih dalam tahap awal di Asia Tenggara. Ketika melihat ranking teratas podcast, kebanyakan diluncurkan sekitar setahun terakhir. Industri ini memiliki momentum yang kuat, karena platform streaming audio menggandakan segmen ini. Kami yakin bisa memberdayakan para kreator untuk mengembangkan dan memonetisasi konten mereka melalui data analitik dan dukungan produksi,” tutur Raditya.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here