Vinales dan Marquez Melesat di Ujicoba Pramusim MotoGP Australia

Vinales dan Marquez Melesat di Ujicoba Pramusim MotoGP Australia
Sumber: autoevolution

Maverick Vinales dan Marc Marquez berhasil tampil menawan di ujicoba pramusim MotoGP ketiga yang digelar di Philip Island, Australia.

Pembalap Honda Repsol, Marc Marquez, menjadi yang tercepat di hari pertama ujicoba pramusim MotoGP ketiga yang digelar di sirkuit Philip Island, Australia. Catatan waktu yang ditorehkannya adalah 1 menit, 29.49 detik. Valentino Rossi dari tim Yamaha membuntuti di posisi kedua dengan torehan waktu 1 menit, 29.68 detik.

Namun di hari kedua, rekan satu tim Rossi yakni Maverick Vinales berhasil mempercepat laju motornya sehingga berhasil menjadi pembalap tercepat. Pengganti Jorge Lorenzo di Yamaha itu juga menjadi pembalap satu-satunya yang berhasil menembus limit kecepatan 1 menit, 29 detik. Catatan waktu Vinales adalah 1 menit, 28.84 detik. Buat Yamaha hasil ini sangat memuaskan pasalnya sehari sebelumnya Vinales hanya berada di posisi keempat.

Di hari kedua, kejutan juga dibuat oleh pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, yang berhasil membawa tunggangannya bertengger di posisi ke tiga. Catatan waktu yang dibukukannya adalah 1 menit, 29.32 detik.

Pada hari terakhir, Vinales berhasil mempertahankan posisi pertama. Catatan waktunya di hari ketiga adalah 1 menit, 28.54 detik. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Marc Marquez dengan catatan waktu 1 menit, 28.84 detik. Di hari sebelumnya Marquez juga berada di posisi kedua dengan selisih waktu 0.46 detik dibelakang Vinales.

Rossi Hilang Konsistensi di Ujicoba Pramusim MotoGP

Rossi Kehilangan Konsistensi di Ujicoba Pramusim MotoGP
Sumber: redbull

Belum sinkronnya performa mesin Honda dan perangkat elektronik pada motor yang ditungganginya sempat menjadi kendala bagi Marc Marquez di ujicoba pramusim sebelumnya. Hal tersebut nampaknya juga dirasakannya di ujicoba pramusim MotoGP ketiga musim ini.

“Kami sangat konsisten, itu benar. Namun Maverick lebih cepat daripada kami. Saya konsisten dan saya cepat, tapi ada suatu hal (pada motor) yang kami tidak mengerti,” ungkap Marquez seperti dikutip Motorsport.

Tim Honda sendiri tampil tanpa bos mekanik mereka, Santi Hernandez, yang kondisinya tidak fit di ujicoba pramusim ketiga di Phillip Island. Selain Santi Hernandez, rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, juga batal mengikuti ujicoba pramusim di hari ketiga akibat demam yang dideritanya.

Sementara itu rival Marquez musim lalu, Velentino Rossi, terlempar ke posisi ke delapan di hari kedua ujicoba (1 menit, 29.67 detik). Rossi menganggap hal tersebut disebabkan karena kesalahan instruksi yang diterimanya. Akibatnya dirinya harus kehilangan konsistensi kecepatan.

“Sepertinya kami mengikuti arahan yang salah. Setelah wawancara ini kami akan kembali ke box dan mencari solusinya untuk besok (hari ketiga). Kami berharap kami bisa mendapatkan kemajuan,” ujar Rossi usai ujicoba di hari kedua.

Berbeda dengan Rossi, Vinales merasa dirinya tinggal mempertahankan hasil yang telah didapatkannya di ujicoba pramusim kali ini.

“Kami harus terus mempertahankan ini. Kami harus melakukan improvisasi, terutama terkait grip roda belakang dari lap ke 10, 15 hingga di akhir balapan, kami harus bekerja sedikit lagi,” ujar Vinales.

Ujicoba pramusim MotoGP terakhir di musim ini akan digelar di Losail International Sirquit pada 10 hingga 12 Maret mendatang. Selanjutnya para pembalap akan bersiap menghadapi balapan pertama MotoGP musim ini dua minggu setelah ujicoba terakhir digelar.