Virus Corona Menyebar Luas, Amankah Pergi ke Pusat Kebugaran?

Penyebaran virus corona di seluruh dunia semakin memprihatinkan, dan semua negara di dunia sangat sulit untuk menghindarinya. Presiden Republik Indonesia Jokowi sendiri sudah menginstruksikan kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan social distancing dan melakukan berbagai aktivitas seperti belajar, bekerja, dan berdoa dari rumah guna menekan pertambahan pasien.

Tidak hanya itu, salah satu langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan sebelum menyentuh area wajah. Namun, apakah kita benar-benar harus terus di rumah saja? Bolehkah kita pergi ke pusat kebugaran?

Kemungkinan Virus Corona Menyebar di Pusat Kebugaran

Dr Ravi Tomar, seorang dokter umum di Portland Medical mengatakan bahwa virus corona bisa hidup di permukaan di luar tubuh manusia selama beberapa jam, dan salah satunya adalah peralatan olahraga. Beberapa orang memang sudah menyarankan agar kita melakukan olahraga di rumah saja jika merasa sedang tidak fit.

Pasalnya, semua virus akan lebih mudah menyerang saat sistem imun melemah, seperti saat sedang sakit. Tinggalkan dahulu pusat kebugaran untuk mencegah infeksi atau penyebaran virus corona ini. Lakukanlah hingga pemerintah sudah mencabut status darurat nasional.

Namun, sayangnya banyak orang bersikeras datang ke pusat kebugaran. Dan tanpa disadari meningkatkan risiko melalui batuk dan bersin yang mungkin terjadi.

Padahal, batuk dan bersin dapat menyebarkan tetesan lebih jauh dari yang kamu bayangkan (hingga 8 meter) dan tetesan itu dapat tetap berada di udara beberapa saat kemudian. Dan ketika tetesan tersebut menempel di alat-alat kebugaran, maka akan menjadi pusat penyebaran virus corona.

Jangan Panik Berlebihan, dan Lakukan Social Responsibility

Meski risikonya sangat besar, bukan berarti kamu harus panik berlebihan. Carilah informasi yang benar tentang virus corona di situs-situs resmi. Dan salah satu yang perlu kamu ketahui adalah virus tak akan menyebar melalui keringat. Kamu bisa membawa tisu basah yang bersifat antibakteri dan antivirus sebelum menggunakan alat-alat olahraga di pusat kebugaran.

Sebaliknya, mulai terapkan social responsibility selama pandemi virus corona ini belum berakhir. Caranya, lakukan isolasi diri saat sakit, tidak kabur dari rumah sakit saat diduga memiliki gejala mirip corona, karantina diri usai melakukan kontak dengan dengan pasien, lakukan social distancing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here