Bebas Nganggur Mulai dari Sekarang! Ikuti Pelatihan Gratis Lewat Vokasi

Kesal berkali-kali wawancara kerja tapi belum lolos juga? Mau ganti profesi tapi nggak punya modal untuk kursus skill baru? Tenang. Ada jalan keluar yang keren dan gratis! BPJS Ketenagakerjaan atau yang sekarang juga disebut BPJAMSOSTEK menyediakan program vokasi buat kamu yang statusnya belum bekerja pasca mengalami pemutusan kontrak atau ter-PHK.

Program vokasi sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa kementerian lembaga dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia. Nah, yang menarik dari vokasi BPJS Ketenagakerjaan, yaitu target peserta dikhususkan bagi tenaga kerja yang tengah menganggur karena PHK. Melalui vokasi diharapkan mereka segera mendapatkan pekerjaan.

Program vokasi yang diberikan berupa pelatihan keahlian dalam waktu maksimal 30 hari tanpa pungutan biaya. Sebaliknya, peserta akan mendapatkan uang transportasi dan saku selama pelatihan, dan sertifikasi keahlian di penghujung vokasi. Tak hanya itu, alumni vokasi juga akan mendapatkan informasi lowongan kerja sesuai dengan keahliannya.

Sejak diluncurkan pada awal September 2019, vokasi BPJS Ketenagakerjaan telah diikuti sekitar 300 tenaga kerja. Para peserta bisa memoles keahliannya setidaknya di delapan sektor kerja, yaitu sektor pariwisata, digital kreatif, manufaktur, konstruksi, jasa kemasyarakatan, garmen, tenaga kesehatan non medis, dan perkebunan.

Krishna Syarif, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. (FOTO: Mega Fransisca/Job-Like Magazine)

“Ini komitmen pemerintah untuk membentuk profil SDM yang tangguh. Melalui vokasi saudara-saudara yang putus kontrak atau ter-PHK tidak usah berputus asa. Kita menyediakan modulnya, menyiapkan kelasnya, bisa diakses di semua pusat latihan kerja yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk belajar lagi, upscaling, supaya bisa kembali bekerja atau menjadi wirausahawan,” tutur Krishna Syarif, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan.

Krishna juga menjelaskan pemilihan prioritas sektor yang dijadikan modul untuk vokasi disesuaikan dengan kebutuhan pasar, terutama dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0.

“Ada digital kreatif, kelas programming dan design graphic. Sekarang lagi zamannya milenial. Anak muda dilatih untuk melakukan programming. Hampir semua perusahaan memiliki divisi IT. Programming sudah dikemas menjadi suatu kebutuhan,” ujarnya.

Baca Juga: Menciptakan Program AI, Ternyata Tak Serumit yang Kamu Kira!

“Sekarang fokus kita adalah kembali bekerja. Kebutuhan perusahaan kepada pekerja yang sudah tersedia kemampuannya akan kita akomodasi melalui program vokasi. Selain digital kreatif, kenapa kita siapkan hospitality, jasa angkut, dan manufaktur? Karena itu sesuai dengan kebutuhan pasar,” jelasnya.

Gabung Program Vokasi BPJS Ketenagakerjaan, Caranya Mudah Banget

Angka pengangguran sebanyak tujuh juta orang atau sekitar sembilan persen mendorong diluncurkannya program vokasi. Melalui pelatihan ini diharapkan tenaga kerja yang “dirumahkan” kembali berpenghasilan berkat kualitas keahliannya yang telah terpoles.

Dengan target mengurangi angka pengangguran ini, vokasi terbuka untuk korban pemutusan kerja, namun dengan beberapa persyaratan tertentu. Salah satunya, pekerja yang ter-PHK telah menjadi peserta penerima Upah BPJS Ketenagakerjaan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.

Masa keanggotaan peserta juga ditetapkan minimal setahun dengan besaran Upah Minimal Kota/Kabupaten (UMK) terendah di Indonesia. Terkait persyaratan status menganggur akibat PHK, BPJS Ketenagakerjaan menetapkan minimal masa menganggur selama sebulan dan maksimal dua tahun.

“Cara ikut vokasi mudah. Pertama, sudah menjadi peserta minimum 1 tahun, kedua sudah ikut program Jaminan Hari Tua (JHT). Ketiga, ini yang paling penting, ia harus ter-PHK atau putus kontrak di perusahaan yang terdahulu. Keempat, pastikan statusnya sudah non-aktif. Vokasi ini berlaku untuk semua hingga usia maksimal 40 tahun,” ujar Krishna.

Mau ikutan program vokasi BPJS Ketenagakerjaan dan memulai karier baru dengan skill yang lebih baik? Buruan daftar! Klik tombol di bawah ini untuk mendaftarkan diri kamu.

Daftar di Sini!

2 COMMENTS

  1. saya, andreas, 48 th, mau kerja, dimana yg bisa menerima saya, terimakasih, saya mantan guru, bisa hub. di no.085711718847, mohon yg bener mau bantu.. terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here