Berkat Vokasi Gratis BPJAMSOSTEK, Impiannya Bikin Apps Terbuka

Rais A Iskandar dan para peserta batch II Vokasi BPJAMSOSTEK di Binar Academy. (FOTO: dok. pribadi)

Status tanpa pekerjaan tidak melunturkan asa Rais A Iskandar untuk menggapai impiannya membuat aplikasi yang berguna bagi banyak orang. Kendala tidak memiliki ilmu yang memadai dan faktor keuangan yang bermasalah sempat mengusik impiannya. Namun, asa Rais kembali hidup lewat program vokasi yang ditawarkan BPJAMSOSTEK.

Rais mengajukan diri sebagai peserta kelas pemrograman vokasi BPJAMSOSTEK yang diadakan di Binar Academy pada akhir tahun 2019. Setelah melalui proses pendaftaran, tes, dan seleksi, ia terpilih sebagai satu dari lima peserta batch II di Binar Academy untuk belajar mengenai UI/UX.

Mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu baru mengenai UI/UX tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun jelas keuntungan besar bagi Rais. Dengan pelatihan mengenai UI/UX yang diperoleh dari vokasi ini, Rais berharap bisa menjadi batu loncatan pertama untuk kariernya sebagai web developer.

Dunia teknologi sejatinya bukan hal baru bagi Rais. Sebelumnya ia bekerja sebagai IT support dan IT infrastruktur di beberapa perusahaan, baik yang bergerak di bidang logistik maupun food & beverage. Namun, pelatihan skill melalui vokasi dirasakan perlu bagi Rais mengingat UI/UX merupakan ranah yang berbeda dari latar pekerjaannya.

“UI/UX merupakan hal yang baru. Saya melihat prospek kariernya cukup bagus. Saya juga ingin bekerja untuk menghasilkan sebuah karya. Berkarya untuk banyak orang dan membuat mereka bahagia. Tidak seperti pekerjaan saya selama ini,” bilang Rais.

“Awalnya saya melihat presentasi sebuah aplikasi yang menunjukkan arah kiblat untuk tuna netra. Itu insight saya mau belajar menjadi web developer. Saya sudah punya ilmu jaringan, kalau saya bisa bikin aplikasi atau bertemu dengan orang-orang untuk mengetahui kebutuhan mereka, rasanya akan menyenangkan,” tuturnya. 

Namun, proses pembelajaran sebagai web developer jelas tidak mudah dan instan. Melalui vokasi, Rais terbantu untuk mengenali dunia UI/UX yang baru bagi kariernya.

Baca Juga: Program Vokasi Ajak Kamu Belajar Programmer Gratis di Binar Academy

Ia berharap mendapatkan kesempatan lagi untuk mengikuti pelatihan lanjutan dari BPJAMSOSTEK untuk lebih mendalami ilmunya. Pasalnya, selama mengikuti vokasi di Binar Academy, Rais baru sebatas berkesempatan melakukan redesign aplikasi. 

“Pembimbing saya mengatakan untuk melatih diri memahami UI/UX maka harus lebih banyak melakukan redesign. Kami melakukan redesign Mytelkomsel dan situs Abnormal. Setelah ikut pelatihan, saya semakin tertarik untuk mempermudah orang dalam menggunakan aplikasi,” katanya.

“Saya sih berharap durasi vokasi bisa diperpanjang. Karena program ini sangat membantu saya untuk membuka wawasan baru, dan juga pintu peluang kerja baru. Mata saya jadi terbuka mengenai dunia UI/UX,” lanjutnya. 

Mudahnya Mendaftar sebagai Peserta Program Vokasi BPJAMSOSTEK

Bukan hanya UI/UX yang bisa dipelajari melalui vokasi BPJAMSOSTEK. Pelatihan gratis selama maksimal 30 hari ini juga menyasar bidang-bidang pekerjaan lainnya, seperti desain grafis, full stack, pariwisata, manufaktur, konstruksi, garmen, jasa kemasyarakatan, tenaga kesehatan dan medis, dan lainnya.

BPJAMSOSTEK menggelar program vokasi untuk menekan angka pengangguran di Indonesia. Oleh karena itu, pelatihan gratis ini dikhususkan bagi tenaga kerja yang sedang tidak memiliki pekerjaan, ter-PHK, atau putus kontrak, dengan maksimal usia 40 tahun.

Baca Juga: Bebas Nganggur Mulai dari Sekarang! Ikuti Pelatihan Gratis Lewat Vokasi

Selain itu, peserta harus tergabung sebagai peserta penerima upah BPJS Ketenagakerjaan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid, dan masa keanggotannya minimal setahun dengan besaran Upah Minimal Kota/Kabupaten (UMK) terendah di Indonesia.

Persyaratan lainnya, peserta dalam status menganggur minimal sebulan dan maksimal dua tahun, mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT). Untuk mengikuti program vokasi ini, tenaga kerja cukup mendaftarkan diri secara daring melalui situs BPJAMSOSTEK atauklik tombol di bawah ini. 

Daftar di sini!

6 COMMENTS

  1. Mohon info dan arahannya dong ,saya sudah daftar untuk vokasi 2019 dibulan November- Desember tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi selanjutnya
    Yang harus saya lakukan.
    Atas informasi yang diberikan saya ucapkan terima kasih

  2. Salam, selamat sore.
    Saya mau daftar ikut vokasinya, tp saya mau nanya jg, kenapa ketika sudah login ke laman vokasi nya gabisa di akses yaaa? loading terus lamannya.

  3. Terima kasih atas kabar baiknya.
    Mohon diinfokan, jika calon peserta program vokasi tidak memiliki BPJSKetenagakerjaan apakah bisa mendaftar dan mengikuti program ini? Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here