Bentuk Politik Kantor yang Biasa Ditemukan di Tempat Kerja

Bentuk politik kantor bisa beragam dan sangat lumrah ditemui di tempat kerja. Rasanya tidak ada satu pun karyawan bisa lepas dari drama politik kantor, meski berkali-kali pindah kerja. Ada saja drama perebutan kekuasaan di kantor yang sering kali memicu rasa kesal dan gerah.

Andai kamu jeli, pasti sudah paham dengan berbagai bentuk politik kantor di sekitarmu. Berikut drama politik yang pastinya sering dirasakan oleh para karyawan.

Pilih Kasih bagi Beberapa Karyawan Populer

Ada kalanya tidak semua karyawan diperlakukan dengan sama. Beberapa karyawan sering terlihat mendapat perlakuan khusus dan tak jarang bikin karyawan lain iri. Misalnya, tidak semua karyawan kena tegur atau sangsi saat berbuat kesalahan.

Bentuk politik kantor ini biasanya disebabkan oleh adanya beberapa karyawan yang dipandang lebih populer. Kepopuleran tersebut bisa membuat hidupnya lebih nyaman di kantor dibandingkan rekan kerja lain. Jika pilih kasih karyawan ini terus-menerus berlangsung, bukan tidak mungkin kesenjangan antarkaryawan makin besar dan berpotensi menjadi masalah.

Aliansi Segelintir Karyawan Tertentu

Bentuk politik kantor selanjutnya biasanya diwarnai dengan geng atau kelompok yang dibentuk oleh beberapa karyawan. Mereka yang merasa memiliki kesamaan level atau kepentingan bisa seolah berkuasa di lingkungan kantor. Padahal, hak dan kewajiban karyawan pun sejatinya sama.

Pembentukan aliansi kecil ini bisa menjadi masalah di masa mendatang. Apalagi jika segelintir karyawan ini gemar memengaruhi karyawan lain dengan hal-hal kurang baik. Karyawan yang tidak berada di lingkaran tersebut biasanya mudah gerah dan bosan saat di kantor.

Baca Juga: Harus Menghadapi Politik Kantor yang Keruh? Ikuti 4 Tips Ini

Menjilat Atasan demi Kepentingan Pribadi

Terakhir, ada kebiasaan paling sering ditemui. Ada sebagian orang yang merasa posisinya aman di kantor jika mampu dekat dengan atasan. Sayangnya, cara untuk meraih tujuan tersebut dilakukan dengan tidak baik, yaitu menjilat.

Karyawan yang gemar menjilat sering kali merugikan karyawan lain. Apalagi jika hobi menjilat tersebut bisa membawanya promosi ke jenjang lebih baik. Tidak seharusnya kesuksesan karier didapatkan dengan cara ini.

Jadi, bentuk politik kantor mana yang paling sering kamu temui? Semoga kamu tetap bisa menghadapinya dengan kepala dingin ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here