Jangan Biarkan Crab Mentality Menghalangi Performa Kariermu yang Cemerlang

Banyak karyawan memilih bertahan di tempat kerja yang lama karena merasa sudah nyaman dengan lingkungan kerjanya. Maklum saja, kenyamanan memang membuat semua orang mudah betah dan bisa beraktivitas secara lancar. Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi tanda-tanda crab mentality yang justru menghalangi peningkatan performa kariermu.

Pernah dengar tentang istilah crab mentality?

Meskipun terkesan asing, nyatanya crab mentality masih sering terjadi di lingkungan kerja tetapi tidak disadari oleh orang-orang yang mengalaminya.

Apa yang Dimaksud dengan Crab Mentality?

Istilah crab mentality berasal dari pengamatan terhadap perilaku sekelompok kepiting yang diletakkan dalam sebuah ember. Bila ada kepiting yang mencoba merayap ke atas untuk keluar dari ember, maka kepiting lainnya akan menarik kepiting tersebut. Hal tersebut akan berlangsung terus-menerus sehingga tak ada kepiting yang bisa keluar dari ember.

Analogi tentang perilaku kepiting tersebut cocok untuk menggambarkan zona nyaman di lingkungan kerja. Ketika sudah nyaman, kamu dan rekan-rekan kerja pasti memiliki kecenderungan untuk saling menjaga satu sama lain. Kondisi pekerjaan yang stagnan tanpa peningkatan berarti (tidak naik gaji atau tidak naik jabatan) tidak menjadi masalah besar karena telanjur nyaman.

Baca Juga: Jangan Takut! Facilitating Anxiety Justru Bikin Kamu Makin Produktif

Tanda-Tanda Mentalitas Kepiting di Lingkungan Kerja

Beberapa kondisi berikut ini menunjukkan bahwa lingkungan kerjamu sudah dipengaruhi oleh crab mentality:

  • Hubungan antar rekan kerja terbilang sangat baik sehingga saling menjaga. Bahkan hubungan baik ini juga membuat kamu atau rekan kerja lainnya tidak bisa resign karena menjunjung tinggi hubungan kekeluargaan. Hal ini akan membuat kamu terlena dan enggan keluar dari zona nyaman karena sudah merasa sangat betah.
  • Selain hubungan kekeluargaan yang erat, mentalitas kepiting juga bisa ditunjukkan oleh hal sebaliknya. Sesama rekan kerja bersaing secara tak sehat untuk mendapatkan perhatian atasan atau memperbesar peluang naik jabatan. Aksi sikut-sikutan ini kerap menimbulkan perang dingin dan membuat kamu harus ekstra waspada saat beraktivitas di tempat kerja.

Mari Menyelamatkan Diri Sendiri dan Memaksimalkan Potensi Karier

Agar kamu terhindar dari risiko crab mentality yang menghambat karier, sebaiknya kamu melakukan beberapa hal ini:

  • Tetap menjaga privasi selama bekerja supaya tidak terlalu bergantung dengan rekan kerja lainnya.
  • Berupaya untuk selalu profesional saat menyelesaikan pekerjaan, hindari gosip di tempat kerja atau godaan untuk melakukan perilaku menyimpang lainnya.
  • Selalu meluangkan waktu untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri. Bila kamu senantiasa mengasah kemampuan kerja, maka kamu bisa mencapai jenjang karier yang lebih tinggi.

Mulai sekarang, mari menjaga profesionalitas supaya terhindar dari crab mentality. Karena hanya dirimu sendiri yang berhak menentukan jalan kariermu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here