Hoax Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, Data Pribadi Bisa Tercuri

Sumber: Instagram Kartu Prakerja

Situs palsu untuk mendaftar program Kartu Prakerja gelombang 12 beredar selama seminggu terakhir. Melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id, tim pelaksana program Kartu Prakerja mengkonfirmasi bahwa pendaftaran program ini hanya dilakukan melalui situs www.prakerja.go.id. Beredarnya situs palsu dikhawatirkan sebagai modus untuk mencuri data pribadi pendaftar.

Hingga Minggu, (16/1), sore situs palsu yang beralamat http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12 masih bisa diakses dan terjadi peningkatan jumlah pendaftar. Dalam proses pendaftaran, situs tersebut mengharuskan pendaftar untuk mengisi data pribadinya. 

Menyikapi fenomena situs palsu pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 ini, Loisa Tahatu, selaku Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengimbau agar masyarakat lebih jeli dan bijak untuk memeriksa keabsahan alamat situs, terlebih ketika diharuskan untuk membagikan informasi pribadi.

“Satu minggu belakangan ini beredar pesan bahwa gelombang 12 Program Kartu Prakerja telah dibuka. Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi. Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar,” jelas Louisa dalam keterangan persnya. 

Baca Juga: Begini Syarat & Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja

Perihal pendaftaran gelombang 12, Louisa mengajak para calon pendaftar untuk menantikan informasi terkini mengenai jadwal pendaftaran melalui situs dan media sosial resmi Kartu Prakerja. Arahan ini juga digaungkan akun Instagram @prakerja.go.id.

“Sobat Prakerja, mohon berhati-hati bila mendapatkan informasi pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja. Bisa jadi itu modus penipuan, lho!

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id (mohon perhatikan situs diakhiri dengan go.id)

Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!

Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja.”

Website: www.prakerja.go.id

Instagram: www.instagram.com/prakerja.go.id

Facebook: www.facebook.com/prakerja.go.id

#SiapDariSekarang

Lalu, Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Akan Dibuka?

Louisa menyampaikan program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2021 ini. Saat ini Komite Cipta Kerja dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja tengah membahas  mekanisme dan teknis pelaksanaannya. Sejak resmi diluncurkan pada 11 April 2020 hingga berakhir di gelombang 11, sebanyak 43 juta orang telah mendaftar dan total 5,9 juta orang menikmati manfaat program ini. 

Program Kartu Prakerja ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas. Program ini terbuka bagi mereka yang sudah bekerja dan korban pemutusan hubungan kerja (PHK), terutama pengangguran usia muda.

Setelah mendaftarkan diri, peserta akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan yang bisa digunakan untuk mengikuti program-program pelatihan di platform belajar digital rekanan resmi. Diharapkan setelah menjalani pelatihan online, peserta siap kembali terjun ke dunia kerja.

Apakah kamu tertarik mengikuti program Kartu Prakerja gelombang 12? Ingat ya, pendaftaran hanya bisa dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here