Waspada! 5 Penyebab Insomnia yang Merusak Kualitas Tidur

Insomnia menjadi salah satu gejala yang semakin banyak dirasakan oleh generasi milenial. Lantas apa yang menjadi penyebab insomnia? Memang ada banyak faktor penyebab, terutama bagi generasi milenial yang dilecut untuk bekerja hingga malam hari.

Ironisnya, jika gejala insomnia dibiarkan terus-menerus maka akan menyerang tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. Berikut ini ada beberapa penyebab insomnia yang harus kamu hindari untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas:

Teknologi

Tidak bisa dipungkiri jika kemajuan teknologi membawa dampak positif maupun negatif. Teknologi memang membantu manusia untuk melakukan segala hal dengan lebih mudah, sederhana dan digital. Namun, ketertarikan manusia terhadap teknologi dan berbagai fitur penghiburnya membuat banyak orang lupa diri.

Coba pikirkan berapa lama kamu menatap layar? Layar ponsel, layar komputer, bahkan layar televisi di malam hari. Meskipun ini menyenangkan, tapi kenyataannya kebiasaan ini menyakiti tubuh dan juga mengganggu jam tidur.

Stres

Menolak stres rasanya tidak mungkin, karena ini merupakan reaksi psikologi terhadap suatu keadaan. Selama tingkat stres seseorang masih dibatas wajar, maka ini bukanlah hal yang mengancam. Namun jika terus menerus diabaikan dan tingkatnya terus bertambah, maka gejala stres perlu diwaspadai.

Tentunya tingkat stres tersebut bisa memengaruhi terhadap kondisi fisik dan psikis, di mana salah satu dampaknya adalah mengganggu jam tidur kamu atau menjadi penyebab insomnia.

Baca Juga: Yuk, Mengatasi Insomnia yang Mengganggu dengan Teknik Moon Breathing!

Pola Tidur

Salah satu penyebab insomnia adalah tetap menjaga pola tidur yang berantakan tanpa ada perbaikan. Kondisi ini cukup parah karena akan kesulitan untuk benar-benar memperbaikinya sebab sudah menjadi pola yang terbentuk.

Kamu menyetel jam tidur pada jam yang salah dan tidak reguler, hasilnya adalah pola tidur yang terbentuk tidak beraturan dan kacau.

Program Diet dan Kafein

Mulai waspada jika kamu mengalami kesulitan tidur setelah atau saat sedang mengikuti sebuah program diet. Tidak semua orang bisa cocok dengan semua jenis diet. Artinya, jika kamu tidak cocok maka akan menimbulkan dampak yang buruk, termasuk insomnia.

Kondisi ini bisa juga mengembangkan sleep apnea, yaitu kondisi kamu berhenti bernapas untuk waktu yang singkat sehingga menyebabkan kehilangan tidur REM. Sedangkan mengonsumsi kafein di malam hari juga buruk karena bisa memicu sakit maag dan kesulitan untuk tertidur.

Olahraga

Jarang melakukan olahraga juga menjadi salah satu penyebab insomnia. Seperti yang sudah banyak dibahas, olahraga terbukti sangat berguna untuk menurunkan tingkat stres dan yang lebih penting adalah menjadi cara untuk mendapatkan tidur yang teratur.

Saat olahraga kamu menghabiskan banyak energi, dan saat tubuh terasa lelah maka tubuh akan masuk ke dalam sistem pergantian energi melalui tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here