New Normal, Kenali Tempat Bersarangnya Virus di Tempat Kerja

Saat ini pemerintah sudah mengijinkan beberapa kantor dan perusahaan untuk kembali beroperasi. Meskipun statusnya masih transisi atau new normal. Artinya, kantor dan perusahaan tersebut sudah kembali mempekerjakan karyawannya. Bagi yang sudah kembali bekerja di kantor, kamu harus mengenali tempat-tempat dan benda yang berpotensi menularkan virus Covid-19.

Dengan mengetahui tempat-tempat dan benda yang berpotensi menularkan virus Covid-19 di tempat kerja, kamu bisa mencegah meluasnya wabah Corona. Sehingga wabah Corona gelombang kedua seperti yang banyak terjadi di negara-negara lain bisa dihindari.

Droplet dan Virus COVID-19

Seperti yang sudah diketahui, virus Corona menular lewat droplet atau tetesan air liur yang menempel pada benda-benda di sekitar kita. Jika benda-benda tersebut tersentuh tangan dan tangan menyentuh makanan, maka kemungkinan besar akan terjadi penularan. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengenakan masker. Dengan mengenakan masker, kamu tidak hanya mencegah droplet keluar dari mulut. Lebih dari itu, kamu bisa mengurangi resiko memasukkan makanan ke mulut atau menyentuh wajah dengan tangan.

Baca Juga: Tips Meeting Saat New Normal di Kantor, Ingat Tetap Jaga Jarak!

Tempat Bersarangnya Virus di Tempat Kerja

Selain mengenakan masker, kamu bisa mengurangi resiko penularan virus Covid-19 dengan sering mencuci tangan. Namun, ada baiknya kamu juga mengenali tempat-tempat atau benda-benda yang bisa menjadi tempat bersarangnya virus atau bakteri. Berikut ini di antaranya,

Gagang Pintu dan Tombol Lift

Pernah nggak kamu menghitung ada berapa banyak gagang pintu di kantor atau tempat kerja? Pernah jugakah kamu menghitung ada berapa banyak orang yang membuka dan menutup pintu setiap harinya? Karenanya, gagang pintu berseiko tinggi menjadi tempat bersarangnya virus dan bakteri di tempat kerja. Selain gagang pintu, tombol lift juga seringkali disentuh oleh tangan.

Mesin Fotokopi, Fax dan Printer

Perlengkapan kantor juga bisa menjadi tempat bersarangnya virus dan bakteri. Diantaranya telepon, mesin fotokopi, fax dan printer.

Kulkas

Kantor kamu memiliki kulkas bersama? Kalau iya, kamu harus waspada. Karena, kulkas juga memiliki gagang pintu. Selain itu, ada banyak makanan milik orang lain tersimpan disana.

Baca Juga: Indonesia Siap Memasuki New Normal, Ini Protokol Kesehatannya

Meja Kerja

Area di sekitar meja kerja seringkali dijadikan tempat berdiskusi. Karenanya, meja kerja juga sering terkena tangan dan beresiko menjadi tempat jatuhnya droplet.

Kamar Mandi

Kamu tentu selalu mencuci tangan sebelum meninggalkan kamar mandi. Tapi, apakah kamu pernah mencuci tangan sebelum mendatangi kamar mandi? Karenanya, kamar mandi juga menjadi tempat bersarangnya virus di tempat kerja.

Komputer

Komputer juga bisa menjadi tempat bersarangnya virus dan bakteri. Apalagi jika komputer tersebut sering digunakan bersama-sama.

Area Meeting

Salah satu area di kantor yang juga bisa menjadi tempat bersarangnya virus adalah area meeting. Baik online meeting maupun offline meeting. Karena, area meeting umumnya tidak terbuka, banyak didapati perlengkapan/peralatan kantor termasuk meja meeting, dan sering didatangi oleh banyak orang secara bersamaan.

Itulah area dan benda-benda yang bisa menjadi tempat bersarangnya virus di tempat kerja. Untuk mencegah resiko penularan, kamu harus sering mencuci tangan dan mengenakan masker. Selain itu, jangan lupa membersihkan benda-benda dan area tersebut dengan cairan desinfektan sesering mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here