WhatsApp Akan Hentikan Layanan untuk Windows Phone dan OS Lawas

Aplikasi pengirim pesan instan WhatsApp akan segera menghentikan layanannya untuk Windows Phone serta ponsel Android dan iOS yang masih menggunakan sistem operasi (operation system/OS) versi lawas.

Seperti yang diketahui, Windows Phone memiliki sistem operasinya sendiri. Sistem operasi tersebut merupakan sistem yang berbeda dari perangkat Android maupun iOS. Penghentian layanan WhatsApp terkait hal ini juga dikonfirmasi langsung dalam keterangan tertulis.

Windows Phone Tidak Bisa Menggunakan WhatsApp pada 2020

Dikutip dari laman Gadgets, WhatsApp juga akan menghentikan layanannya untuk ponsel Android dan iOS yang masih menerapkan sistem operasi versi lawas. Sehingga ponsel jadul sudah tidak akan bisa mengunduh dan menggunakan WhatsApp.

Untuk ponsel Android, sistem operasi terlawas yang masih bisa menggunakan WhatsApp dimulai dari Versi 2.3.7 Gingerbread ke atas. Sedangkan untuk perangkat iOS dimulai dari iOS 7 ke atas. Sehingga para pengguna iPhone 3 ke bawah tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Baca Juga: Mengapa WhatsApp Paling Cocok Digunakan untuk Grup Chat Kantor?

Sedangkan, untuk ponsel Windows Phone, WhatsApp secara mutlak akan menghentikan layanannya. Versi terbaru dari Windows Phone saat ini adalah 8.1 yang dirilis sejak Juni 2015 lalu. Windows Phone sendiri juga sudah tidak dikembangkan lagi.

Karena alasan penghentian produksi Windows Phone, maka WhatsApp juga tidak bisa meneruskan layanannya untuk tipe ponsel tersebut. Dalam kesempatan yang sama, WhatsApp juga memberikan informasi bahwa ada beberapa fitur yang mungkin tidak bisa digunakan.

Fitur-fitur terbaru yang terus dikembangkan oleh WhatsApp akan sangat terbatas pada beberapa tipe ponsel. Oleh sebab itu, WhatsApp juga merilis spesifikasi minimum agar sebuah ponsel bisa menikmati layanannya secara maksimal.

Untuk perangkat Android, spesifikasi minimum yang disarankan oleh WhatsApp adalah Versi 4.0.3 Jelly Bean dengan RAM 1GB ke atas, sedangkan untuk perangkat iOS minimal iOS 8 atau ponsel iPhone 4 ke atas.

Terkait penghentian layanan ini, WhatsApp akan segera menerapkannya pada Desember 2019, dan mulai segera diberlakukan secara permanen pada awal 2020.

Duh, bagi para pemilik ponsel jadul banyak-banyak bersabar ya! Saatnya menabung untuk membeli ponsel yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here