Prioritaskan Karyawan, Wipro Unza Indonesia Raih HR Asia Award 2019

Sponsored

Prioritaskan Karyawan, Wipro Unza Indonesia Raih HR Asia Award 2019

Juni lalu, Wipro Unza Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang meraih penghargaan HR Asia Award sebagai “The Best Place to Work“. Bagi Wipro Unza Indonesia, ini merupakan pengalaman pertama ikut berpartisipasi dalam kompetisi di bidang HR.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods, Wipro Unza Indonesia harus melalui serangkaian seleksi hingga mampu menyabet gelar “The Best Place to Work.

Sejak bulan Apri 2019, pihak penyelenggara memberikan kuesioner yang wajib diisi oleh 30 hingga 40 karyawan Wipro Unza Indonesia.

Parameter penilaiannya adalah kepemimpinan dalam perusahaan, tingkat partisipasi karyawan dalam program perusahaan, apa yang membuat karyawan nyaman bekerja, hingga hubungan antara departemen. Cukup membanggakan ketika Wipro Unza Indonesia berhasil mendapat penilaian di atas rata-rata.

Seleksi dan penilaian dilakukan oleh para panelis independen, yaitupakar industri, direktur SDM, akademisi, jurnalis, serta perwakilan pemerintah, sehingga menghasilkan penilaian yang obyektif.

Wipro Unza Indonesia menjadi salah satu dari 34 perusahaan penerimaan penghargaan HR Asia Award 2019 dari total 280 perusahaan dengan 25 industri yang berbeda.

Segenap karyawan Wipro Unza Indonesia menerima HR Asia Award 2019 (Sumber : Wipro Unza Indonesia)

“Yang membuat kami yakin mengikutsertakan Wipro Unza Indonesia dalam ajang kompetisi ini yaitu Wipro Unza Indonesia selama ini cukup inovatif dalam menciptakan dan menyampaikan program-program internal kepada karyawan. Hal tersebut berdampak pada kenyamanan karyawan selama bekerja di sini. Terbukti dari tingkat turn over di perusahaan kami turun sebesar 1 persen,” jelas Ardhini Retno Putri, Junior HR Manager Wipro Unza Indonesia saat ditemui Job-Like Magazine.

Baca Juga: Wipro Unza Indonesia: Menjaga Aset Perusahaan yang Paling Berharga

“Sebelumnya kami juga telah melakukan employee perception survey yang diberikan oleh Wipro Unza Indonesia kepada seluruh karyawan. Hasilnya pun cukup menggembirakan. Adanya kenaikan sebesar empat persen untuk tingkat kepuasan karyawan,” lanjutnya.

Secara demografis, Wipro Unza Indonesia memiliki 67,4 persen karyawan milenial dan sekitar 39 persen karyawan perempuan. Menurut Ardhini, yang membedakan Wipro Unza Indonesia dengan perusahaan lainnya dalam ajang HR Asia Award yaitu adanya program-program khusus yang berangkat dari kepedulian terhadap karyawannya.

Misalnya, program Prevention of Sexual Harrashment (POSH) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran karyawan terhadap jenis kekerasan seksual yang mungkin dapat terjadi di lingkungan kerja.

Kemenangan yang diraih Wipro Unza Indonesia dalam HR Asia Award 2019 dimaknai bukan sebagai ajang unjuk gigi, namun menurut Ardhini menjadi motivasi untuk lebih giat memberikan yang terbaik bagi karyawannya.

“Jika orang berpikiran penghargaan ini dapat mendongkrak popularitas Wipro Unza Indonesia sebagai the best place to work, menurut kami itu hanya bonus saja. Bagi kami, ini menjadi motivasi untuk lebih berinovasi menghadirkan program-program baru dan segar bagi karyawan Wipro Unza Indonesia,” tutup Ardhini.

HR Asia Award memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang dianggap memiliki komitmen dalam kepemimpinan, karyawannya memiliki partisipasi penuh dalam kegiatan di perusahaan, tim HR memiliki program inovatif, dan memiliki saluran komunikasi yang jelas serta cepat tanggap dalam menanggapi persoalan di kalangan karyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here