Stop Gaya Hidup Serba Instan! Yuk, Sehatkan Generasi Masa Depan

Startup YOUVIT fokuskan kesehatan fisik dan mental karyawan dengan menerapkan work-life balance melalui aktivitas olahraga. (Foto: dok. YOUVIT).

Perkembangan teknologi jelas mempermudah banyak hal. Mau cari makan, cukup keluarkan ponsel pintar. Mobilitas keseharian pun dikontrol oleh ponsel pintar. Gaya hidup akhirnya bergeser menjadi gaya hidup serba instan. Tapi, tahukah kamu fenomena ini justru mempercepat kemunculan penyakit degeneratif?

Kini penyakit degeneratif tak lagi identik dengan orang lansia. Sebaliknya, generasi milenial mulai “dihantui” dengan penyakit kronis yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Sudah tidak aneh lagi ada banyak karyawan milenial yang mengalami depresi, anxiety, diabetes, bahkan vertigo ketika usianya belum mencapai 30 tahun.

Ironis, jelas. Padahal fenomena ini bisa diperbaiki dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, sudahkah kamu meluangkan waktu satu atau dua jam untuk berolahraga setidaknya sekali dalam seminggu? Sudahkah kamu melengkapi asupan makananmu dengan sayur dan buah? Apakah kamu mengonsumsi vitamin?

Minimnya aktivitas fisik dan kontrol asupan makanan yang buruk adalah pemicu kemunculan penyakit secara fisik dan mental. Imbasnya pun kemudian memunculkan stres yang mengganggu produktivitas kerja. 

Untuk mengontrol kesehatan fisik dan mental karyawan, startup multivitamin, YOUVIT, menekankan prinsip work-life balance. Para karyawan didorong untuk menerapkan gaya hidup sehat, baik melalui asupan makanan, vitamin, dan aktivitas olahraga.

Baca Juga: Gimana Sih Cara Mendapatkan Work-Life-Balance Alias Hidup Seimbang?

Setidaknya, sekali dalam seminggu karyawan diajak untuk berolahraga bersama, termasuk dengan Co-Founder, Wouter van der Kolk, yang sekaligus berperan sebagai CEO YOUVIT. Menerapkan gaya hidup sehat di kalangan generasi milenial Indonesia menjadi misi YOUVIT yang didirikan pada 2016 oleh Bjorn Dudok van Heel di Jakarta. 

Pebisnis asal Belanda ini prihatin dengan kondisi kesehatan generasi milenial Indonesia di kota-kota besar yang tergores dengan gaya hidup serba instan. Sebagai solusi, ia mendirikan YOUVIT sebagai produk multivitamin premium dalam bentuk gummy.

Mia Agustina, Head of HRGA YOUVIT. (Foto: Mega.Fransisca/Job-Like Magazine)

Founder kami punya komitmen untuk Indonesia yang lebih sehat. Di kota-kota besar, segalanya instan. Lalu ditambah dengan polusi, gaya hidup, stres kerja. Sementara kaum milenial adalah masa depan Indonesia. Apa jadinya kalau milenial yang berpotensi besar dengan pendidikan yang bagus, tapi mudah sakit sehingga performa kerjanya buruk?” ujar Mia Agustina, Head of HRGA YOUVIT kepada Job-Like Magazine.

Tak hanya berolahraga bersama di sebuah komplek olahraga di Jakarta, para karyawan YOUVIT juga dibekali dengan program asupan sehat berupa fruit days yang disediakan selama tiga hari dalam seminggu. Karyawan juga bisa mendapatkan konsultasi kesehatan dari ahli gizi setiap saat.

Program-program kesehatan yang diterapkan ini bertujuan untuk menghasilkan Youvitarian, sebutan bagi karyawan YOUVIT, yang sehat secara fisik dan mental. Mia menjelaskan pentingnya gaya hidup sehat untuk mengatasi stres kerja yang acap dialami para profesional kerja.

“Di YOUVIT kami mencoba memasukkan core value ke DNA teman-teman untuk mengatur hidupnya sehingga stress free. Memang stres tidak bisa dihindari, tapi bisa di-manage. Untuk itu kamu membangun culture work-life balance yang terkait dengan mengurangi stres,” ujarnya.

“Kami sangat berkomitmen menerapkan gaya hidup sehat. Bahkan CEO kami aktif olahraga bersama kami setiap Jumat. Ketika mewawancarai kandidat kerja pun kami menggali apakah ia aware and consider untuk healthy lifestyle. Yang kami cari dari kandidat pertama kali adalah culture fit-nya, yaitu healthy lifestyle,” lanjutnya.

Pentingnya Kecocokan Budaya Kerja Sehat bagi Calon Karyawan YOUVIT

YOUVIT mencari karyawan yang cocok dengan culture perusahaan, yaitu menyadari pentingnya kesehatan. (Foto: dok. YOUVIT)

Kecocokan budaya kerja juga menjadi perhatian Brigiv Aditya ketika ia memutuskan untuk bergabung dengan YOUVIT pada 2017. Brigiv yang bergabung sebagai Public Relation and Event Manager ini merasa besarnya perhatian YOUVIT dalam meningkatkan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, baik generasi milenial maupun anak-anak.

YOUVIT memang tak hanya fokus untuk mengubah gaya hidup milenial menjadi lebih sehat, tetapi juga mengajak anak-anak usia dini untuk menerapkan pola hidup sehat melalui gummy yang dikhususkan untuk konsumsi anak-anak.

“Sebelum bergabung dengan YOUVIT, saya sudah melihat intensi YOUVIT melalui social responsibility kepada anak-anak. Dengan adanya program vit for kids, saya melihat tujuannya bukan hanya komersial, tetapi ada juga kesadaran sosialnya,” ujar Brigiv.

“Saya sendiri semakin tersadarkan akan pentingnya gaya hidup sehat. Dulu saya pencinta kuliner, dengan prinsip YOLO (you only live once, red). Tapi, akhirnya setelah dapat edukasi dari ahli gizi kalau makanan ini atau itu bisa lead to certain disease, akhirnya aku berubah. Sekarang jadi lebih balance untuk kesehatan,” tuturnya. 

Setelah gummy untuk orang dewasa dan anak-anak, YOUVIT baru saja meluncurkan gummy beautyplus untuk menjaga kesehatan kuku, rambut, dan kulit khususnya bagi para wanita. Gummy beautyplus ini cocok dipadukan dengan gummy vitamin dewasa setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here