Yuk, Mulai Konsumsi Jamur setelah Tahu 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Jamur salah satu sumber nutrisi yang tidak boleh diremehkan. Ada banyak manfaat jamur bagi kesehatan, terutama bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging.

Jenisnya sendiri cukup banyak dan sama-sama memiliki manfaat yang luar biasa. Biasanya pun dihidangkan dengan berbagai cara, misalnya, sup, tumisan, gorengan, atau hanya sekedar direbus saja. Selain rasanya yang enak, berikut ini adalah beberapa manfaat jamur bagi kesehatan yang harus Anda ketahui:

Makanan yang Rendah Kalori

Jika Anda intip daftar menu diet, mungkin akan ada hidangan jamur dalam menu andalan. Satu porsi mentah diperkirakan hanya mengandung 20 kalori. Tak hanya itu, kandungan lemaknya nol dan sangat rendah sodium.

Meskipun rendah kalori, rasanya tak kalah dengan daging, bahkan direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal.

Makanan Anti-Inflamasi

Antioksidan dalam jamur seperti ergothioneine dan selenium dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Jamur menjadi makanan yang tepat bagi Anda yang memiliki peradangan kecil seperti cedera, atau bagi Anda yang memiliki gangguan autoimun seperti multiple sclerosis, rheumatoid arthritis atau lupus.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaatnya bagi kesehatan adalah untuk kekuatan tulang. Satu porsi jamur yang dimasak dapat menyediakan hingga sepertiga dari jumlah tembaga yang direkomendasikan setiap hari, sebuah mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Gula Bisa Mengancam Kesehatan Tulang

Jamur juga merupakan satu-satunya sumber vitamin D nabati yang membantu tulang dengan membantu penyerapan kalsium. Tetapi, vitamin hanya diproduksi ketika terkena sinar ultraviolet, yang berarti jamur yang ditanam di dalam ruangan mungkin tidak mengandung banyak vitamin D.

Manfaat bagi Vegan

Jika Anda adalah vegan, maka Anda harus lebih berupaya untuk mendapatkan nutrisi seperti mineral, besi, selenium, potasium dan fosfor yang mudah terlewatkan dalam diet vegan. Namun, kini tak perlu khawatir, sebab jamur adalah sumber dari semua nutrisi tersebut. Dan juga kaya akan vitamin B dengan yang yang sangat penting untuk kesehatan selama kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here