Yuk Perbaiki Kualitas Kesehatan dengan Jalan Kaki 30 Menit Sehari

Berjalan kaki selama 30 menit mungkin terdengar sangat sederhana untuk dilakukan, namun sudah tahukah Anda mengenai manfaat jalan kaki bila dilakukan secara rutin?

Kebiasaan jalan kaki secara rutin selama 30 menit akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Dijamin nih Anda akan jarang berobat ke dokter deh! Bahkan, dilansir Prevention, Melina B. Jampolis, MD, penulis The Doctor on Demand Diet, merekomendasikan latihan jalan kaki kepada pasiennya.

Meningkatkan Suasana Hati

Suasana hati yang sedang tidak baik pasti memengaruhi pekerjaan atau bahkan kesehatan mental. Nah, Anda bisa memasukkan kegiatan jalan-jalan santai sebagai strategi mengembalikan suasana hati.

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan teratur sebenarnya memodifikasi sistem saraf Anda sehingga Anda akan mengalami penurunan kemarahan. Apalagi, aktivitas ini Anda lakukan bersama teman.

Selain itu, berjalan di luar ruangan juga membuat Anda terkena sinar matahari alami, yang dapat membantu mencegah gangguan afektif musiman (SAD). 

Jalan Kaki Tingkatkan Kreativitas

Anda pasti pernah mengalami kemandekan berpikir saat mengerjakan pekerjaan kantor. Jika Anda lelah mencari solusi untuk masalah yang rumit ini, penelitian menunjukkan bahwa Anda dapat mencoba untuk melakukan jalan-jalan santai.

Menurut sebuah studi tahun 2014 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, berjalan-jalan bisa memicu kreativitas. Tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Baca Juga: 5 Manfaat Jalan di Atas Rumput Tanpa Alas Kaki di Pagi Hari

Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang ini tak perlu diragukan lagi. Namun, Anda harus mulai mencoba untuk lebih rutin melakukannya. Saat Anda rutin melakukannya, ukuran celana akan terasa lebih longgar di bagian tengah tubuh, meskipun tak ada perubahan signifikan pada angka di timbangan badan.

Pasalnya, berjalan teratur dapat membantu meningkatkan respons tubuh Anda terhadap insulin yang membantu mengurangi lemak perut. Berjalan setiap hari juga mampu meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori ekstra dan mencegah menyusutnya otot. 

Jalan Kaki Tingkatkan Kemampuan Pencernaan 

Jika saat ini Anda mengandalkan kopi untuk meningkatkan sistem pencernaan, bersiaplah untuk mendapatkan efek yang sama dengan cara jalan kaki. Malah keuntungannya lebih besar karena tak mengandung gula.

Baca Juga: Inilah Kota-Kota Terbaik yang Memanjakan Para Pejalan Kaki

Rutinitas berjalan teratur dapatmeningkatkan pergerakan usus Anda. Bahkan jalan kaki merupakan salah satu hal pertama yang harus dilakukan pasien bedah perut untuk melihat kemampuan pencernaan menggunakan otot inti dan perut. 

Melindungi Sendi Anda

Tak seperti yang Anda pikirkan, pergerakan kaki justru membantu meningkatkan rentang gerak dan mobilitas Anda. Alasannya karena berjalan meningkatkan aliran darah ke area yang tegang dan membantu memperkuat otot-otot di sekitar persendian Anda.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki setidaknya 10 menit sehari, atau sekitar satu jam setiap minggu, dapat mencegah kecacatan dan nyeri radang sendi pada orang dewasa yang lebih tua. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here